Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

Menikah adalah perjalanan panjang yang butuh banyak ilmu, salah satu saran yang pernah aku dengar yaitu melakukan bulan madu segera setelah menikah. Jadi selain dana untuk resepsi baiknya siapkan juga dana untuk liburan berdua, ga perlu keluar negeri kok bahkan di kota asal kita pasti banyak objek wisata yang bisa dikunjungi. Berdua dengan pasangan dimanapun tempatnya pasti akan meninggalkan kesan. Yui benar, ini penting banget loh. Bukan sekadar bersenang-senang semata, tapi ada makna lebih dibaliknya. Apa saja?

Manfaat Bulan Madu

Dikutip dari cepetnikah.com bulan madu memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Merayakan Pernikahan
  2. Penghargaan Diri
  3. Menciptakan Kenangan Manis Bersama Pasangan
  4. mengenal Pasangan Lebih Dalam
  5. Belajar Menyesuaikan Diri Satu Sama Lain
  6. Liburan Pertama Bersama Pasangan
  7. Menguji Kekompakan

Nah, itu pula yang kami lakukan saat memiliki kesempatan pulang ke kampung halaman, objek wisata yang dipilih justru yang belum pernah aku kunjungi, hhee. Jadilah ini pengalaman pertama untuk kami berdua.

Pengalaman Mengunjungi Umbul Ponggok

Selain terkenal dengan wisata candinya, Klaten juga memiliki wisata air yang bisa diadu, salah satunya adalah wisata air umbul ponggok. Berada di desa Ponggok, Polanharjo, Klaten tempat ini sangat mudah ditemui karena sudah bisa diakses dengan google map.

Hal yang paling populer adalah melakukan foto di bawah air dengan menggunakan beragam fasilitas, seperti sepeda, motor, becak, gitar atau diving dengan ikan warna-warni yang menarik hati. Pernah masuk tivi juga loh, aku lupa nama acaranya tapi waktu itu ada Ruben Onsu. Jadi emang rekomended banget sih.

Akan sangat menikmati banget kalau kita berkunjung di hari biasa, bukan weekend atau hari libur, tapi mungkin sulit ya bagi sebagian orang. Tenang aja, tetap bisa menikmati kok.

Kami pun memilih melakukan foto under water dengan bantuan fotografer. Jadi saat kita akan menyelam, akan ada pemberat badan yang diikatkan di pinggang kita, wajib tahan nafas dong ya pastinya dan cekrek… cekrek… nih hasilnya :

Seru banget sih ini, pindah lokasi, naik turun ke dalam air, kadang ngulang foto dan tiga puluh menit ga berasa, walau harus menggigil kedinginan tapi begitu lihat hasil fotonya jadi sangat puas, hhee. Suami pengen balik lagi, ngulang lagi tapi aku kayaknya cuma nganter deh, hhee soalnya setelah pulang masuk angin parah, ewkwkwkkw.

Setelah foto, mandi dan berganti pakaian jangan dulu langsung pulang. Saatnya menikmati pemandangan kolam dengan santai sambil makan gorengan dan teh panas, ajibbb.

Seru banget ini mah, semakin bahagia sewaktu upload IG banyak yang tanya dan pengen kesana, hhee berasa sukses jadi bintang iklan, eh. Ga bakal malu-maluin soalnya fotografernya udah handal dan tahu angle yang tepat untuk mengabadikan setiap momen. Karena ini di luar ruangan sangat bergantung banget sih sama cuaca, kalau cuaca cerah makan gambar yang dihasilkan akan seperti lukisan, indah menawan hati.

Bagi kami harga tiket masuk, sewa kamera dan properti sampai bayar kamar kecil dan harga makanan serta minuman semua wajar cuma sayang aja sih tempat parkirnya ada di luar, oh tenang ada tukang parkir yang jagain kok tapi aku yang orangnya parnoan suka khawatir berlebih, hhee.

Kenalan Dengan Umbul Ponggok

Jika suatu saat kalian berkunjung ke Klaten, jangan lupa mampir dan nikmati wosata air umbul ponggok ya. Untuk membantu saya sertakan sedikit informasi, semoga bisa membantu. Oh ya, liburan kami dilakukan bulan Maret 2020, sebelum pandemi mengubah segalanya. Untuk sekarang tentu saja ada beberapa peraturan yang ditambahkan agar pengunjung tetap nyaman dan aman.

  • Jam Operasional : Senin – Minggu pukul 08.00 – 15.00 WIB
  • Hotline: +6285878870003
  • HTM : 15k/pax
  • Paket Underwater Photo : Paket 1: 60K dengan fasilitas; 30 menit, max 4 orang, Kamera Olympus, fotografer . Paket 2: 120k dengan fasilitas; 1 jam, max 7 orang, fotografer.
  • Pandemi tetap buka, tentu saja dengan mematuhi protokol kesehatan.

Protokol Kesehatan Covid-19 Umbul Ponggok

  • One Gate System, reservasi online hanya dapat dilakukan melalui nomor hotline resmi BUMDes Tirta Mandiri : 085210617222
  • Pembatasan Jumlah Pengunjung
  • Pembatasan Waktu Berkunjung
  • Mencuci Tangan Sebelum Masuk Area Umbul Ponggok
  • Pengecekan Suhu Badan
  • Melakukan Screening Kesehatan
  • Wajib Memakai Masker, kecuali saat berenang, makan dan minum
  • Wajib Mandi sebelum Berenang. Mandi dengan sabun antiseptik yang sudah disediakan sebelum berenang dan beraktivitas di lingkungan Umbul Ponggok
  • Wajib Jaga Jarak. Dilarang berkerumun lebih dari sepuluh orang termasuk di dalam air.
  • Dilarang Meludah Sembarangan. Dilarang keras meludah kecuali di kamar mandi.
  • Dilarang Membawa Makanan dan Minuman dari Luar
  • Dilarang Membawa Bayi Dibawah Umur 2 Tahun

Harga Sewa Kamera dan Paket Properti

Kamera yang digunakan adalah Kamera GoPro Hero 5 dan Kamera Olympus TG5. Untuk penyewaan kamera dihitung per 30 menit dengan harga RP60.000 dengan maksimal 4 orang, ini berlaku foto natural tanpa properti. Bisa banget sih nambah properti, berbeda properti berbeda pula harganya. Jelasnya bisa banget nih cermati gambar di bawah ini :

Kamu ga bisa berenang? tenang saja, ada juga kok penyewaan pelampung, cukup bayar Rp7.000 aja. Selain kalau butuh ada juga sepatu katak Rp7.000 dan kacamata selam Rp13.000 . Lengkap banget ya? Butuh apa lagi?

Kalian bisa mendapatkan update informasi terbaru dengan mengikuti akun instagram resmi umbul ponggok.

Gimana, tertarik untuk berkunjung? Semoga ulasan mengenai wisata air umbul ponggok ini membantu ya. Selamat berlibur dan tetap patuhi protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

hptekno.com